Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Berkah Orang Dermawan

Berkah Orang Dermawan
Sobat BM Cerita - Dermawan atau yang dalam bahasa arabnya sakho’ yang dalam bahasa jawanya Beloboh merupakan sifat yang baik yang sangat di anjurkan oleh agama, ada kata – kata mutiara yang mengatakan “Seorang Dermawan dekat dengan Allah, dekat dengan manusia dan jauh dari neraka” begitu indah jika seorang muslim dermawan.

Berkaitan dengan sifat dermawan tersebut saya teringat sebuah cerita yang dulu pernah diceritakan guru saya K. Hisyam Ima saat ngaji. Cerita yang menurut saya sangat hebat dan semoga saja mampu menginspirasi dan mampu menumbuhkan dermawan dermawan baru. Disuatu desa dekat pesisir pantai ada seorang kaya yang sangat dermawan, Ia tak pernah pikir - pikir kalau mendermakan hartanya. Lebih - lebih yang ada kaitanya dengan kemasyarakatan dan keagamaan. suatu ketika datang panitia pembangunan Masjid hendak meminta bantuan si kaya untuk meneruskan pembangunan masjid. Sikaya tidak berpikir anjang langsung masuk kekamar untuk mengambil uang. Ia tidak menghitung berapa nominal uang yang akan diberikan hanya mengambil dua genggam uang yang dalam bahsa jawanya "Ngraup" atau mengambil dengan dua tangan tanpa menghitungnya. Bisa saja jumlah uang itu jutaan rupiah namun tidak ada rasa sayang sedikitpun sikaya memberikan harta sebanyak itu.


Dilain hari ada panitia pembangunan pondok pesantren yang datang hedak meminta bantuan juga, namun uang yang dirumah telah habis. Ia hanya memberikan kertas yang diberi tanda tangan seraya menyuruh orang yang minta bantuan tadi pergi ketempat pelabuhan untuk menyodorkan kertas yang tadi diberikan kepada nelayan anak buah sikaya tersebut. Ternyata semua uang hasil penjualan ikan tersebut disuruh kasihkan kepanitia tadi, berapapun jumlahnya. Jutaan rupiah ataupun puluhan juta diberikan semua.


Suatu ketika sikaya menunaikan ibadah haji ketanah suci. setelah selesai menjalankan ibadah haji dan hendak pulang ketanah air Ia membeli sekantong batu akik yang niatnya cuma iseng - iseng saja buat kenang - kenangan. pulang dari tanah suci batu tadi cuma disimpan diatas plafon saja, tanpa ada keinginan menggosok dan membuatnya jadi hiasan cincin.


Lama batu disimpan sikayapun lupa dengan batu tersebut, hingga bulan puasa tiba. menjelang lebaran tiba sikaya seperti kebiasaannyabersih - bersih rumah. Hingga suatu hendak membersihkan plafon jatuhlah batu akik yang dulu dibeli dari tanah suci, namun apa yang terjadi ? batu tersebut berubah menjadi intan permata yang sangat indah. kemudian sikaya cuma iseng - iseng datang ketukang batu untuk menggosokan batu tersebut sebagai permata cincin. Situkang batu sangat kagum dengan batu bermata yang dibawa sikaya tersebut bahkan menawar sangat mahal. Karena niatan sikaya tidak hendak menjual batunya Ia tidak menerima tawaran tukang batu.


Setelah permata cincin jadi dan dipakai sudah hampir lama ada seorang miliarder melihat cincin permata yang dipakai sikaya, miliarder tersebut tertarik dengan cincin tersebut dan memaksa ingin membelinya dengan harga fantastis. Karena dipaksa dan memang sifat asal sikaya yang dermawan dan tidak merasa sayang dengan duniawiyah yang dimilikinya akhirnya cincin itu dilepas dan dibeli miliarder.


Betapa mulianya sifat dermawan, dermawan tak akan membuat orang miskin bahkan sebaliknya membuat orang semakin kaya dan semakin berkah hidup dan hartanya.


Labels: inspirasi

Thanks for reading Berkah Orang Dermawan. Please share...!

0 Comment for "Berkah Orang Dermawan"

Back To Top