Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Sodakoh Dapat Menolak Balak

Sobat BM Cerita - Sodakoh atau sedekah merupakan amal ibadah yang tidak hanya menyangkut hubungan kita terhadap Allah semata namun lebih dari itu hubungan kepada sesama manusia juga dapat terjaga dengan baik. Tidak hanya itu, ternyata Sodakoh dapat menolak balak. Jika ada pertanyaan adakah soda yang dapat menolak balak jawabnya ada yaitu sodakoh. Sebagai seorang muslim tentunya tidak asing dengan kata sodakoh, walaupun mudah diucapkan namun susah dilakukan. Memang apapun yang jurusannya surga itu selalu diiringi sesuatu yang kuran bahkan tidak mengenakan sebaliknya jurusan neraka justru terlihat mudah dan enak (walaupun tetap saja timbulnya kerusakan, seperti zina yang terlihat enak namun akibatnya jika terkena penyakit HIV/AIDS belum ketemu obatnya).


Berkaitan dengan masalah sedekah ada sebuah cerita yang perlu kita baca sebagai tambahan pengetahuan kita dan sebagai bahan pendorong kita agar giat bersedekah. Cerita ini terjadi pada zaman beliau Nabi Sulaiman AS, ternyata cerita yang sudah sangat lama. Itulah enaknya kaum sekarang, banyak contoh – contoh orang terdahulu sebagai sarana kita meningkatkan mutu ketakwaan kita.


Pada zaman Nabi Sulaiman AS ada seorang pemuda yang mata pencahariannya mencari telur – telur burung untuk dijual dipasaran, maklumlah pemuda ini bukan seorang pegawai negeri sipil, kalau dia seorang pegawai pastinya berangkat kekantor bawa laptop duduk didepan laptop sambil mengerjakan tugas kantor. Maklumlah dia hanya pemuda biasa yang hanya mengandalkan telur burung untuk dijual dipasar.


Setiap hari keluar masuk hutan mencari sarang burung untuk diambil telurnya. Kebiasaan pemuda tersebut sebelum berangkat kehutan membiasakan bersedekah memberi siapapun yang ditemuinya dijalan. Hingga suatu hari ada burung yang protes kepada Nabi Sulaiman AS akan apa yang sedang memnimpanya, setiap hari si burung kehilangan telurnya. Telur yang diharapkan bisa menetas dan menjadi penerus bangsa burung selalu hilang tiap pagi.


Nabi Sulaiman AS mengutus seorang pasukan dari bangsa jin untuk menjaga sarang burung. Sebagaimana kebiasaan sipemuda sebelum berangkat selalu sedekah terlebih dahulu namun kali ini sedekah yang dilakukan tanpa Ia sadari. Ketika hendak berangkat kehutan Ia lupa bawa uang, karena merasa udah sedikit kesiangan Ia membawa bekal untuk makan dijalan dan buru – buru berangkat kehutan. Hampir sampai dihutan Ia berhenti sejenak sambil memandangi pohon mana yang ada sarang burungnya. Sambil duduk belum sempat menikmati apa yang dibawa dari rumah datang orang tua yang meminta makanan kepadanya bertetpatan dengan itu Ia pun melihat sarang burung yang menurut feelingnya ada telurnya, tanpa pikir panjang bekal yang dibawanya segera diberikan kepada orang tua dan Ia bergegas mengambil telur burung dalam sarang tersebut. 


Melihat si pemuda yang sangat ikhlas bersedekah Allah SWT mengutus Malaikat untuk melindunginya. Jin yang sedianya ditugaskan oleh Nabi Sulaiman untuk menjaga sarang burung diikat oleh malaikat dipohon. Akhirnya sipemudapun dengan mudah mengambil telur burung tanpa ada masalah sedikitpun.


Induk burung yang merasa kehilangan telurnya kembali mengadu kepada Nabi Sulaiman AS. Nabi Sulaiman marah kepada jin yang ditugaskan untuk menjaga sarang burung tersebut. Kemudian Nabi Sulaiman mendatangi dimana sarang burung itu berada, didapatinya tentara Jin yang terikat disebuah pohon, lalu jin menceritakan bahwa Ia diikat oleh malaikat sebab keikhlasan sipemuda dalam bersedekah akhirnya Allah mengutus Malaikat untuk menjaganya dari balak yang akan menerpanya. Itulah hebatnya Sodakoh Dapat Menolak Balak.


Labels: inspirasi

Thanks for reading Sodakoh Dapat Menolak Balak. Please share...!

0 Comment for "Sodakoh Dapat Menolak Balak"

Back To Top