Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Pentingnya Menghormati Guru

BM Cerita - Seseorang yang mengenalkan Kita terhadap ilmu pengetahuan bahkan sampai mengenalkan Kita terhadap Tuhan Ialah Guru. Jasa Guru sangatlah besar, bahkan ada istilah "Guru adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa" maka dari itu sudah sepatutnya Kita menghargai jerih payah seorang guru. Menghormati guru sangatlah penting, guru adalah orang yang menyebabkan kita menjadi berarti dimuka bumi ini. Sekalipun kita sudah melebihi kepintaran guru kita tidak boleh merasa lebih pintar atau bahkan merasa lebih mulia darinya. Bagaimanapun juga seorang guru banyak jasanya kepada kita, sekalipun guru TK jasa nya sangatlah besar bahkan lebih besar dari guru diperguruan tinggi. Kenapa demikian ? jelas Guru TK lah yang pertama kali mengajari kita baca tulis dan berhitung. Berkaitan dengan Pentingnya menghormati guru ada sebuah cerita semoga saja bermanfaat.
Pentingnya Menghormati Guru

Alkisah Beliau Syekh Imam Muhammad Abu Abdillah Jamaluddin Muhammad bin Abdillah bin Malik yang lebih dikenal dengan Syeh Imam Ibnu Malik Pengarang Kitab Alfiyah ibnu Malik ketika mulai mengarang kitab nya Alfiyah ibnu Malik dalam hati beliau bicara dengan perasaaan ujub “kitab Alfiyahku ini lebih baik daripada kitab Alfiyah karangan Guruku Syekh Ibnu Mu’ti, baik dari segi isi maupun syairnya”. Seketika Syekh Imam Ibnu Malik tidak dapat berfikir, semua yang ada dalam fikirannya tentang kitab yang hendak ditulis hilang.


Akhirnya Syekh imam ibnu malik berziarah ke makam Gurunya (Syekh Ibnu Mu’ti) seraya meminta maaf dan membacakan ayat-ayat suci Al qur’an, seketika kembali semua apa yang ada di dalam fikiran beliau syekh imam ibnu malik, kemudian beliau dapat melanjutkan menulis kitabnya yang hingga sekarang masih terkenal dan di manfaatkan di banyak pondok pesantren. Kejadian tersebut juga diabadikan dalam syair – syair muqoddimah kitab Alfiyah :


وَتَقْتَضِي رِضَاً بِغَيْرِ سُخْطِ ¤ فَـائِقَةً أَلْفِــــيَّةَ ابْنِ مُعْطِ


Kitab ini mudah menuntut kerelaan tanpa kemarahan, melebihi kitab Alfiyahnya Ibnu Mu’thi.



وَهْوَ بِسَبْقٍ حَائِزٌ تَفْضِيْلاً ¤ مُسْـتَوْجِبٌ ثَنَائِيَ الْجَمِيْلاَ


Beliau lebih memperoleh keutamaan karena lebih awal. Beliau berhak atas sanjunganku yang indah.


وَاللهُ يَقْضِي بِهِبَـاتٍ وَافِرَهْ ¤ لِي وَلَهُ فِي دَرَجَاتِ الآخِرَهْ


Semoga Allah menetapkan karunianya yang luas untukku dan untuk beliau pada derajat-derajat tinggi akhirat.


Dari kejadian tersebut dapat diambil hikmah bahwa menghormati guru sangatlah penting dari segala arah, baik dari sifat kita, menghormati seluruh keluarga guru kita, tidak memuji guru lain dihadapannya, pokonya semua yang tidak patut jangan dilakukan. Syekh Imam ibnu malik yang hanya ujub dalam hati seketika fikiran beliau beku, lebih-lebih kalau jelas-jelas menyakiti perasaan guru, sungguh tiada manfaat ilmu kita.


Labels: Renungan

Thanks for reading Pentingnya Menghormati Guru. Please share...!

0 Comment for "Pentingnya Menghormati Guru"

Back To Top