Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Kisah - Kisah didalam 10 Muharram (Yaumu 'Asyuro)

BM Cerita - Kebetulan sekarang kita telah memasuki bulan mulia yaitu bulan muharram, bulan yang didalamnya terdapat banyak peristiwa penting bagi Kita umat Muslim. Tanggal 10 Muharram atau yang dikenal dengan Yaumu 'Asyuro banyak menyimpan kisah-kisah yang patut kita ketahui sebagai Umat islam. Bulan Muharram atau yang lebih dikenal dengan bulan Suro ditanah jawa merupakan bulan yang sangat mulia dan sakral bagi bangsa arab dan jawa pada umumnya umat islam dimanapun berada pada khususnya, bulan suro sangat populer dikalangan orang-orang pecinta kemistisan karena dikait-kaitkan dengan hal yang mistis namun bagi umat islam bulan Muharram atau suro adalah bulan yang dimuliakan, bulan raya buat anak-anak yatim bulan yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya karena banyak sejarah didalamnya.


Berkaitan dengan bulan Muharram ada banyak sekali kisah mulia yang patut kita ketahui karena dapat menambah tebalnya iman kita 


#Berlabuhnya Kapal Nabi Nuh diatas Gunung Judiy

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa adzab yang diturunkan kepada umat Nabi Nuh AS yang membangkang adalah banjir yang luar biasa hebatnya, menenggelamkan seluruh permukaan bumi dan ini adalah banjir terbesar yang pernah ada dalam sejarah dunia. Tepat pada tanggal 10 Muharram kapal Nabi Nuh berlabuh diaatas Gunung Judiy atas izin Allah SWT. Nabi Nuh AS mengajak kaumnya yang taat untuk mengadakan syukuran dengan mensedekahkan apa yang mereka punyai, dan di jawa ada syukuran membuat makanan tiap malam 'asyuro sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT berkumpul dimasjid dan mushola menyantuni anak yatim dan doa bersama dimalam 'asyuro 


#Dikeluarkannya Nabi Yunus AS dari perut ikan Nun (Paus)

Nabi Yunus AS pernah melakukan suatu kesalahan yaitu lari dari tugas sebelum diperintahkan untuk berhijrah, dalam pelariannya Nabi Yunus ikut naik sebuah kapal. Dalam perjalanan kapal yang dinaiki oleh Nabi Yunus AS mendapat goncangan hebat dihantam ombak berkali-kali, hingga akhirnya ada seorang ahli yang berpendapat ada seorang pelarian yang ikut kapal tersebut.


Kemudian diadakan undian yang mana dengan cara tersebut akan ditemukan seorang pelarian tersebut, tiga kali diundi Nabi Yunus selalu mendapat hasil bahwa beliau lah pelariannya. Akhirnya Nabi Yunus AS mengaku dan dilemparkannya beliau kelautan lepas namun Allah SWT mengutus ikan Nun (Paus) untuk menelan Nabi Yunus agar Nabi Yunus AS selamat dari ganasnya lautan.


Selama 40 hari 40 malam Nabi Yunus AS merasakan 3 kegelapan, gelap didalam lautan yang dalam, gelap dalam perut ikan dan gelapnya malam hari. Akhirnya pada 10 Muharram Allah SWT menggiring ikan menuju tepi pantai dan dimatikannya ikan tersebut diutusnya burung untung mematuk ikan paus yang telah mati tersebut akhirnya tampaklah cahaya dari luar dan selamtalah Nabi Yunus AS dari 3 kegelapan didalam 10 'asyuro.


#Sembuhnya Nabi Ayyub AS dari penyakitnya


Nabi Ayyub AS terkenal dengan Nabi yang diuji dengan penyakit yang sangat mengerikan, tubuh beliau rusak parah bahkan dalam dagingnya keluar belatung yang setiap saat menggorogoti tubuh beliau. Namun Nabi Ayyub AS tetap tabah menghadapi ujian tersebut selama bertahun-tahun.


Pada tanggal 10 'asyuro Allah memerintahkan Nabi Ayyub AS untuk mandi dengan air yang keluar dari tanah seperti air mancur dan bersih semua tubuh beliau dari penyakit dan kembali segar seperti sedia kala.


#Nabi Daud AS dimaafkan atas kesalahannya
#Dikabulkannya Doa Nabi Musa dan Nabi Harun AS
#Diciptakannya Ruh Nabi Agung SAW

Begitu mulianya tanggal 10 'asyuro sehingga kita umat islam disunnahkan untuk berpuasa pada tanggal tersebut, namun perlu diingat sebagai umat islam jika akan puasa 'asyuro jangan cuma puasa pada hari 'asyuro saja namun diiringi hari sebelum (tasu'a/9 muharrom) atau setelahnya tanggal 11 Muharram.


Labels: inspirasi

Thanks for reading Kisah - Kisah didalam 10 Muharram (Yaumu 'Asyuro). Please share...!

0 Comment for "Kisah - Kisah didalam 10 Muharram (Yaumu 'Asyuro)"

Back To Top