Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Fakta Unik Bulan Suci Romadlon

Sobat BM Cerita - Fakta Unik Bulan Suci Romadlon, Bulan suci romadlon merupakan bulan mulia yang sangat diistimewakan bagi kaum akhir zaman kaum Nabi Agung Muhammad SAW. Kalau bulan rojab adalah bulan yang diistimewakan oleh Allah untuk Rasulullah SAW, sebab pada bulan tersebut terjadi peristiwa yang sangat dahsyat diundanglnya seorang kekasih yang mulia untuk bertemu kepada sang pencipta alam semesta yaitu peristiwa isro' mi'roj. Bulan sya'ban diistimewakan untuk Allah SWT sendiri karena pada bulan tersebut akan dilaporkan semua amalan seorang hamba kepada Tuhannya, bulan dimana terjadi tutup buku catatan amal yang kemudian akan kembali dimulai pencatatan buku baru. Sedangkan bulan suci romadlon adalah bulan yang diistimewakan untuk umat Rasulullah SAW, bulan dimana segala pintu kebaikan dibuka lebar-lebar, setan dibelenggu, pintu surga dibuka selebar-lebarnya, pintu taubat dibuka selebar-lebarnya, pintu neraka ditutup serapat-rapatnya, pahala dilipat gandakan, kurang apa coba ?

Fakta Unik Bulan Suci Romadlon

Bulan suci romadlon yang mulia ternyata mengandung banyak fakta unik, ini menurut pengamatan penulis selama merasakan masuk dalam bulan suci romadlon, berikut kami rangkum dibawah ini :

1. Membaca Al Qur'an terasa mudah

Pada bulan suci romadlon membaca Al Qur'an sangatlah dianjurkan, bahkan disuruh untuk berlomba-lomba, ternyata memang suasana romadlon mudah untuk membaca Al Qur'an. Yang biasanya pada bulan-bulan biasa ambil Al Qur'an saja malas, ini malah sangat mudah untuk membaca. Karena memang bulan romadlon adalah bulan Al Qur'an, bulan diamana Al Qur'an diturunkan kelangit dunia full 30 juzz yang kemudian diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sesuai kebutuhan.


2. Masjid-masjid dan Mushola Makin Ramai

Masjid dan mushola yang biasanya tidak terlalu ramai, pada bulan suci romadlon menjadi ramai. Baik anak-anak maupun orang tua saat bulan suci romadlon akan lebih giat datang kemasjid dan mushola. Mereka akan lebih betah dimasjid karena suasana masjid lebih nyaman daripada dirumah saat siang hari. Jama'ah subuh akan meningkat, saat bulan biasa tidak terlalu banyak yang datang kemasjid. Diwaktu subuh pada bulan puasa banyak orang bangun sebelum subuh untuk makan sahur saat subuh datang mereka datang kemasjid untuk berjama'ah dan mengikuti kuliah subuh. Pada sore hari banyak diadakan kajian agama dan buka bersama.


3. Mudah Menebar Kebaikan

Kalau diamati secara seksama, pada bulan suci romadlon semua orang berlomba-lomba berbuat kebaikan. Yang biasanya judes, ketus pun pada bulan tersebut agak sedikit lumayan berbeda, ini dikarenakan nafsu yang cenderung mengajak kearah jelek sedikit hilang. Hati yang selama bulan-bulan diluar romadlon penuh rasa gelisah mereda. Setan-setan yang biasanya menggoda sedang dibelenggu, jadi nurani murni manusia yang sebenarnya baik akan lebih menguasai jiwa manusia pada bulan yang mulia.


4. Nikmat Makan Dan Minum Disiang Hari Hilang

Menurut apa yang dituturkan seorang perempuan, baik dari ibu atau teman dan tetangga yang pernah bercerita pada penulis mengatakan, bahwa makan dan minum disiang hari pada bulan romadlon kenikmatannya hilang. Bagi wanita dewasa yang belum masuk usia monopouse mendapat kemurahan saat siklus menstruasi, mereka dilarang puasa. Namun kenyataanya makan disiang hari pada bulan romadlon tidaklah merasa enak katanya. Jadi kita yang tidak berhalangan secara syar'i mending jangan coba-coba untuk tidak puasa. Rugi pastinya kalau tetap melakukannya, karena cuma menuruti nafsu yang banyak menipunya.


5. Berkah Untuk Semua Kalangan

Bulan suci romadlon adalah bulan yang dimuliakan untuk umat akhir zaman. Bulan dimana dibuka pintu keberkahan selebar-lebarnya. Berkah bulan suci romadlon tidak hanya dirasakan oleh mereka yang berpuasa saja, namun semua kalangan. Pasar-pasar mulai ramai, pengusaha konveksi mulai mengejar target, usaha apapun dibulan romadlon ramai pada umumnya, bahkan warung makan bisa lebih ramai dari biasanya. Yang biasanya makan dirumah, saat bulan puasa namun tidak berpuasa akan makan diwarung. Inilah uniknya bulan romadlon, yang tidak puasa saja mendapatkan kebaikanya (kebaikan bulan romadlon) apalagi bagi mereka yang taat menjalankan perintah Allah dibulan suci romadlon, sudah tidak bisa lagi diragukan.


6. Penampakan Kaki Diwarung Makan

Ini yang paling unik menurut penulis, entah kaki siapa yang nampak itu, kaki manusia atau kaki yang lain. Unik kalau datang bulan suci romadlon, warung makan masih setengah hati untuk tutup, biasanya hanya ditutup satir/gorden saja. Namun tidak mengapa, karena disinilah keimanan seorang hamba diuji kuat atau tidak menahan godaan kaki-kaki yang bergelantungan tertutup satir. Jangan memusuhi mereka yang setengah hati menutup warung dan mereka yang tidak kuat menahan godaan kaki bergelantungan. Doakan saja semoga diberi kemudahan dalam rizki dan diberi kekuatan dalam menjalani ujian hidup.


Demikian yang dapat kami rangkung dalam Fakta unik bulan suci roamdlon, apabila masih ada yang lain menurut sobat silahkan tambahkan dikolom komentar. Namun bila ada kata-kata yang menyinggung mohon untuk dimaafkan.


Labels: Fakta Unik

Thanks for reading Fakta Unik Bulan Suci Romadlon. Please share...!

0 Comment for "Fakta Unik Bulan Suci Romadlon"

Back To Top