Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

4 Tingkatan Nikmat Yang Harus Kita Ketahui

BM Cerita, Terkadang Kita suka mengeluh pasal rejeki. Setiap kali kita bekerja atau usaha dan mendapat hasil yang menurut kita belum sesuai harapan spontan serasa lemas, padahal jika disyukuri akan terasa sangat nikmat. Bekerja siang dan malam tanpa memikirkan kesehatan akhirnya mendapat rejaki yang melimpah namun tiba-tiba jatuh sakit masuk rumah sakit uang hasil kerja semua habis bahkan masih harus menjual apa yang dipunyai akhirnya baru menyadari bahwa ternyata Sehat Itu Mahal, bahkan sangat mahal sekali.


4 Tingkatan Nimat Yang Harus Kita Ketahui

Sekarang saya akan membahas tingkatan nikmat yang perlu kita ketahui agar semakin mensyukuri pemberian Tuhan yang yang sangat banyak bahkan seringkali Kita abaikan.


1. Nikmat Iman & Islam

Betapa banyak manusia dimuka bumi ini yang tidak mendapatkan nikmat tersebut, Iman dan Islam adalah kenikmatan yang tingkatannya paling tinggi, namun bagi sebagian orang sangat disepelekan. Kita sebagai umat islam tentu mengimani adanya surga dan neraka, tahu tidak sahabat bahwa surga hanya disediakan bagi mereka yang meninggal dalam kondisi husnul khotimah yaitu mereka yang meninggal dalam keadaan membawa iman islam sekalipun "selama hidupnya belum beriman" namun saat hampir meninggal mendapat hidayah mengimani Allah dan mengucap dua kalimat syahadat. Subhanllah betapa bahagianya yang demikin itu.

Baca Juga : Husnul Khotimah Sebab Menghormati Orang Yang Puasa

2. Nikmat Hidup

Hidup merupakan tingkatan nikmat yang kedua. Banyak dari mereka yang telah meninggal yang sangat menyesal setelah meninggal bahkan sebelum meninggalpun sudah merasa menyesal dan meminta ditangguhkan umurnya Seperti diceritakan dalam Al Qura'an Al Munafiqun ayat 10 :

وَأَنفِقُوا۟ مِن مَّا رَزَقْنَٰكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِىَ أَحَدَكُمُ ٱلْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَآ أَخَّرْتَنِىٓ إِلَىٰٓ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُن مِّنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

"Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?"

Maka dari itu marilah kitayang masih diberi kesempatan hidup manfaatkan hidup ini dengan hal-hal yang bermanfaat agar kita tidak menyesal kelak.


3. Nikmat Sehat

Nah ini yang sedang kita bahas pada kesempatan kali ini. Tingkatan nikmat ketiga adalah nikmat kesehatan. Mungkin sebagian dari kita justru menganggap nikmat sehat ini adalah nikmat yang kedua namun itu baru terasa kalau kita sedang merasakan sakit. Ya manusia memang sering lupa dengan nikmat-nikmat yang Allah berikan. Apalagi kalau sedang diatas, uang banyak karir sedang melambung tahta sedang naik-naiknya. Kalau tidak ingat akan nikmat dan karunia Allah bisa lupa daratan. Semoga Kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan selalu ingat akan segala karunianya.


4. Nikmat Rizki Dunia

Nikmat Rizki atau Rejeki dunia yang berupa kekayaan, pangkat atau banyak uang merupakan tingkatan nikmat yang paling rendah derajatnya, namun bagi sebagian dari Kita menganggap kenikmatan yang paling tinggi, padahal yang paling rendah. Mereka yang beranggapan nikmat duniawiyah merupakan kenikmatan tertinggi baru akan merasa itu kenikmatan terendah setelah merasakan kematian, terlebih jika mereka tidak memanfaatkan duniawiyah yang Allah titipkan terhadap mereka tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat seperti shodaqoh, wakaf dan hal lain yang bermanfaat untuk sesama.


Marilah Kita saling menjaga dan mengingatkan agar kita semua mendapatkan karunia dari Allah SWT. Saling menyayangi terhadap sesama manusia dan sesama makhluk ciptaan Allah agar tercipta kehidupan yang damai dan tentrm didunia ini.


Labels: Ngenyis

Thanks for reading 4 Tingkatan Nikmat Yang Harus Kita Ketahui. Please share...!

0 Comment for "4 Tingkatan Nikmat Yang Harus Kita Ketahui"

Back To Top