Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Husnul Khotimah Sebab Menghormati Orang Yang Puasa

Husnul Khotimah Sebab Menghormati Orang Yang Puasa
Sobat BM Cerita - Seringkali Kita umat islam kurang memperhatikan akan arti menghormati orang yang sedang puasa, orang tua membiarkan anaknya yang masih kecil makan minum diluar yang bisa mengganggu kekhusukan orang berpuasa. Ada pula yang sudah dewasa malah minum merokok tanpa merasa bersalah dengan terang-terangan dimuka umum dibulan romadlon.

Hal seperti diatas seringkali kita jumpai dewasa ini terutama dikawasan keramaian seperti pasar. kenapa bisa terjadi yang demikian tersebut, apa karena mereka tidak tahu atau memang sudah tidak mau tahu. Padahal puasa dibulan Romadlon merupakan rukun islam kewajiban pokok orang yang sudah masuk islam.

Berkaitan dengan hal tersebut ada sebuah kisah yang semoga saja mampu membuka hati kita, lebih prihatin dan peduli akan arti bulan suci romadlon. Bulan romadlon bukan bulan yang biasa-biasa saja namun bulan romadlon adalah bulan yang sangat istimewa yang berkahnya semua umat merasakannya.

Alkisah ada seorang non muslim yang sudah biasa berbaur dengan orang-orang muslim karena ia berdagang dipasar. Karena sudah terbiasa beerbaur dengan orang islam non muslim paham betul apa yang jadi kewajiban dan rutinitas orang islam, inilah toleransi yang sangat luar biasa yang dipraktekan oleh orang yang bijaksana.

Suatu ketika anak si non muslim datang kepasar dan makan minum tanpa ragu-ragu di hadapan orang islam yang sedang berpuasa (namanya juga bukan orang islam, ndak punya kewajiban puasa ya makan bebas). Ayahnya yang non muslim melihat anaknya berbuat semacam itu merasa malu tidak enak dengan saudara muslim yang sedang berpuasa.

Akhirnya si anak diajak pulang dan dirumah dinasehati agaar jangan makan didepan orang islam yang sedang berpuasa, sebab rasa hormatnya kepada saudara muslim yang masih berpuasa. Suatu ketika tatkala ajal non Muslim sudah dekat Allah SWT mengutus malaikat untuk menalkin (menuntun si calon mayit untuk bersyahadat) dan si non muslim pun mati dalam keadaan sudah masuk islam, mendapat rejeki mati yang khusnul khotimah. Itu adalah berkah menghormati orang yang sedang berpuasa, yang non muslim saja bisa menghargai perasaan orang islam yang sedang puasa dan mendapat khusnul khotimah sebab amal nya tersebut, lantas bagaimana dengan kita yang muslim yang terkadang tenang dan merasa biasa saja tatkala anak atau keluarga kita makan disiang hari bulan romadlon dengan blak-blakan tanpa ada rasa risih.

Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rohmat taufiq dan hidayahnya kepada kita sehingga kita selalu terjaga dari hal-hal yang tidak diridloi oleh Allah SWT. Amin . . .

Baca Juga Berkah berbakti kepada orang tua
Labels: Renungan

Thanks for reading Husnul Khotimah Sebab Menghormati Orang Yang Puasa. Please share...!

0 Comment for "Husnul Khotimah Sebab Menghormati Orang Yang Puasa"

Back To Top