Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Menjaga Kesehatan Mata

Sobat BM Cerita, Mata merupakan sebuah anugrah yang sangat besar yang diberikan oleh Allah kepada kita, maka dari itu menjaga kesehatan mata merupakan suatu hal yang sangat penting bahkan wajib menurut kami. Dengan mata, manusia dapat melihat keindahan alam ciptaan Allah SWT dengan mata pula manusia dapat dengan mudah belajar, membaca, menulis yang kemudian menjadikan manusia sebagai makhluk yang pandai.

Menjaga Kesehatan Mata

Memang ada sebagian orang yang tidak dapat melihat namun karena kejernihan hatinya menjadi orang yang sangat cerdas dan menjadi ahli dalam hal tertentu. Namun bagi sebagian orang, dapat melihat merupakan hal yang sangat utama. Dengan melihat, orang dapat lebih mensyukuri betapa besar ni'mat Yang Allah berikan, jadi kalau ada orang yang dapat melihat namun tidak dapat bersyukur artinya orang tersebut adalah orang yang tidak tau diri.


Untuk menjaga kesehatan mata, ada beberapa cara yang dapat ditempuh. Cara tersebut ada yang secara dhohir yaitu dengan cara-cara yang dianjurkan ilmu kedokteran ada juga yang secara bathin yaitu dengan cara do'a (Do'a-doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW).

Cara-cara dhohir antara lain :

- Konsumsi vitamin A
Mengkonsumsi vitamin A dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah-bauahan yang mengandung vitamin A seperti Alpukat (146 IU/100 gr, 24.3 % Akg), Nangka ( 110 IU/100 gr, 18.3 % Akg), Anggur ( 66 IU/100 gr, 11 % Akg), Nanas ( 58 IU/100 gr, 9.6 % Akg), Apel ( 54 IU/100 gr, 9 % Akg) dan lain sebagainya.

- Melihat objek yang hijau-hijau
Misalnya melihat dedaunan, hijaunya daun mengandung ion positif yang baik untuk kesehatan mata. Pagi-pagi melihat hijaunya daun sangat segar sekali, mata terasa segar setelah melihat hijaunya daun dipagi hari itu karena terdapat ion positif pada objek hijau seperti dedaunan yang sangat baik bagi kesehatan mata.

- Melihat air yang jernih
Seperti halnya objek yang hijau-hijau, jernihnya air juga mengandung ion positif. Maka dari itu jika ingin sekaligus melihat objek hijau dan jernihnya air sangat tepat sekali kita pergi ke area pegunungan. Bisa diamati sendiri penduduk daerah pegunungan bermata sehat, kalau tidak percaya silahkan buktikan sendiri.

Cara-cara Bathin Antara Lain :

- Membaca Al Qur'an

Al Qur'an merupakan kitab suci bagi umat islam, mu'jizat Rasulullah yang dapat kita rasakan sampai sekarang dan bahkan sampai nanti. Dengan membaca Al Qur'an akan melatih mata untuk terus fokus melihat huruf-huruf Al Qur'an. Tidak hanya mata kepala saja yang akan sehat namun mata hati juga akan ikut sehat karena memang Al Qur'an sangat manjur sekali untuk obat hati (Mata bathin).

- Do'a-do'a untuk kesehatan mata

Diriwayatkan dari Syekh Furoiduddin salah seorang wali yang Masyhur di India Barangsiapa yang membaca potongan ayat (Surat Qof ayat 22) pada kuku ibu jari (jempol)

 7x فَكَشَفْنَا عَنكَ غِطَاءَكَ فَبَصَرُكَ الْيَوْمَ حَدِيدٌ

pada setiap selesai membaca ayat diiringi membaca sholawat nabi, prakteknya sebagai berikut : 

فَكَشَفْنَا عَنكَ غِطَاءَكَ فَبَصَرُكَ الْيَوْمَ حَدِيدٌ

اللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آل سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Setelah selesai 7x kecuplah kedua kuku ibu jari dan usapkan pada kedua mata, insyaAllah akan bermanfaat untuk kekuatan penglihatan mata dan dari bahaya penyakit mata.

Diceritakan dari sebagian orang Sholeh, bahwa mereka bertemu dengan Nabiullah Khidlir AS.  Nabi Khidlir AS bersabda kepada sebagian orang sholeh : Barangsiapa mengecup kedua kuku ibu jarinya dan kemudian mengusapkannya kepada kedua mata maka akan terhindar dari penyakit mata. Yaitu ketika adzan dan iqomah saat muadzin sampai kalimat :

اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Maka bacalah

"مَرْحَبًا يا حَبِيْبِيْ وَقُرَّةِ عَيْنِيْ يا رسول الله "


Kaifiyah (Tata Cara) : 

Saat ada adzan, dan muadzin sampai kalimat

اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ


Bacalaha kalimat berikut :

مَرْحَبًا يا حَبِيْبِيْ وَقُرَّةِ عَيْنِيْ يا رسول الله


pada kuku kedua ibu jari, kecuplah kedua kuku ibu jari tersebut dan kemudian usapakan kuku ibu jari tersebut kepada kedua mata, InsyaAllah kedua mata akan sehat dan aman dari penyakit.

Sebenarnya masih banyak sekali doa untuk menjaga kesehatan mata, akan tetapi kali ini cukup dua saja yang akan kami sampaikan pada artikel ini.

Semoga bermanfaat

Labels: Doa

Thanks for reading Menjaga Kesehatan Mata. Please share...!

0 Comment for "Menjaga Kesehatan Mata"

Back To Top