Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Shalawat Tibbil Qulub

Sobat BM Cerita, Ditengah Pandemi virus yang sangat menghawatirkan saat ini, Kita sebagai manusia wajib berikhtiar agar dijauhkan dari wabah menular tersebut. Istilah pandemi digunakan untuk penyakit menular yang menyebar dari orang ke orang secara signifikan dan berkelanjutan di banyak negara.

Shalawat Tibbil Qulub

Ihktiar yang kita lakukan akan lebih efektif jika dengan cara lahir dan batin. Ikhtiar secara lahir dapat dilakukan dengan cara mematuhi peraturan pemerintah yaitu dengan cara memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, jaga jarak aman, tidak bekerumun dan lain sebagainya.


Ikhtiar batin dapat dilakukan dengan cara perbanyak doa, istighfar, shalawat, intinya makin mendekat dengan Sang Kholik. Salah satu sholawat yang berfaidah sebagai obat hati dan penyakit fisik ialah Shalawat Tibbil Qulub.


Shalawat Tibbil Qulub memiliki arti “obat/penyembuh hati”. Shalawat ini disebut pula dengan nama shalawat Nurul Abshar yang berarti “cahaya mata hati”. 

Lafal Shalawat Tibbil Qulub :
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا . وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا . وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا . وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

"Ya Allah, berikanlah rohmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad sebagai penyembuh hati sekaligus obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, yang menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, semoga sholawat dan salam tercurahkan kepada keluarga dan sahabat sahabat beliau"

Sebagian ulama memberikan tambahan kalimat menjelang ujung shalawat sehingga redaksi shalawat menjadi sebagai berikut :

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَقُوتِ الأرْوَاحِ وَغِذَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

“Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, serta menjadi makanan pokok dan asupan gizi bagi ruhani. Juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.”

Namun yang lebih masyhur (terkenal)ialah redaksi yang pertama.


Faidah :

Secara umum Shalawat Tibbil Qulub ini berfaidah untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit lahir maupun bathin.

Sedangkan secara khusus sholawat Tibbil Qulub faidahnya tergantung dari ijazah yang diberikan oleh sang pemberi ijazah, salah satu contohnya ialah dibaca 2000 kali untuk menyembuhkan segala penyakit. Dan menurut sebagian pendapat dibaca sebanyak 400 kali, maka penyakit tersebut akan sembuh atas seizin Allah.

Semoga Pandemi (Wabah menular) yang sekarang sedang melanda masyarakat dunia pada umumnya dan Indonesia pada khususnya akan segera berakhir, dan Kita sebagai manusia dapat menjalankan aktifitas sehari-hari sebgaimana biasanya tanpa was-was lagi.
Labels: Doa, Sholawat

Thanks for reading Shalawat Tibbil Qulub. Please share...!

0 Comment for "Shalawat Tibbil Qulub"

Back To Top