Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Sholawat Dzul Aqli

Sobat BM Cerita - Sholawat Dzul Aqli, Sholawat merupakan ibadah yang tidak bisa diganggu gugat soal pahalanya, karena salah satu keistimewaan sholawat adalah ibadah yang tidak berhama seperti ibadah lain yang selalu diintai hama seperti riya, ujub, takabbur dan lain sebagainya. Sholawat merupakan cara seorang umat menyampaikan rasa kasih, rindu, hormatnya kepada sang kekasih yang sejati yaitu Baginda Nabi Agung Muhammad SAW. Disamping sebagai tanda bukti kerinduan kita akan Nabi Agung Muhammad SAW sholawat juga merupakan perintah Allah SWT kepada kaum mukminin, karena Allah dan para Malaikatnya juga bersholawat kepada Nabi Agung Muhammad SAW.

Sholawat Dzul Aqli

Sholawat Dzul Aqli sendri mempunyai arti Sholawatnya orang-orang yang berakal, artinya dengan bersholawat dzul aqli diharapkan sipembaca mampu mempunyai akal sehat dan hati yang jernih. Dengan akal dan jiwa yang sehat, hati dan pikiran yang jernih manusia akan selalu menemui fitrahnya, sebagai makhluk yang diciptakan sempurna bentuknya dibanding makhluk lain, yang disertai akal dan nafsu.


Adapun Fadlilah / keutamaan membaca Sholawat Dzul Aqli Sebagai berikut : 

1. Sebagai washilah do'a yang mustajab, termasuk ibadah yang bernilai tinggi pahalanya.

2. Do’a yang relatif singkat namun padat dan lengkap sebagai sarana pembentukan karakter bagi pengamal, bisa juga dihadiahkan untuk orang lain, yang dikehendaki oleh pengamal.

3. Sebagai salah satu media pembentuk pribadi pengamal dan keluarganya, menjadikan lantaran terbebas dari penyakit dan ketidak seimbangan badan, akal dan hati nuraninya.

4. Sebagai sarana yang menjadikan pribadi pengamal sehat dan indah badannya. Cerdas, lurus, kreatif, inovatif, dan kuat hafalannya. Hati nuraninya akan berkembang sensitif dan peka terhadap isyarat-isyarat dari alam malakut dan jabarut.

5. Insya Allah, dengan lantaran Sholawat Dzul Aqli Allah akan menjadikan pengamalnya memiliki profil DZUL AQLI [ULUL ALBAB] (cendikiawan yang diridloi Allah). Yakni menjadi ahli dzikir dan ahli fikir serta ahli amal yang istiqomah (konsisten dan komitmen).


Adapun Bacaan Sholawat Dzul Aqli yang dimaksud adalah sebagai berikut :


أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ ذِى الْعَقْلِ وَ الْفُؤَادِ

صَلاَةً نَسْألُكَ بِهَا حُسْنَ الْخَلْقِ وَ الْعَقْلِ وَ الْفُؤَادِ

وَ أنْ تَجْعَلَنَا بِهَا أهْلَ الذِّكْرِ وَ الفِكْرِ وَ الأوْرَادِ

وَ عَلَى آلِهِ وَ أصْحَابِهِ وَ باَرِكْ وَ سَلِّمْ


Artinya;

Yaa Allah, semoga sholawat serta salam selalu tercurah pada Junjungan Kami Nabi Muhammad Sang pemilik kecerdasan dan hati nurani, dengan anugerah yang sesungguhnya, kami mohon kepada-Mu, dengan berkat anugerah-Mu tersebut, bagusnya jasad, akal dan hati nurani kami. Dengan berkat anugerah-Mu tersebut hendaknya Engkau menjadikan kami sebagai ahli dzikir, ahli fikir dan ahli wirid (istiqomah), Demikian juga (berikanlah anugerah) terhadap keluarga dan para sahabatnya, berkatilah dan sejahterakan (mereka).

Labels: Doa, Sholawat

Thanks for reading Sholawat Dzul Aqli. Please share...!

0 Comment for "Sholawat Dzul Aqli"

Back To Top