Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Perpisahan Selalu Menimbulkan Duka

Sobat BM Cerita - Perpisahan Selalu Menimbulkan Duka, Bulan Suci Romadlon yang selalu mampu mendatangkan banyak perubahan bagi umat Nabi Muhammad SAW setelah datang pasti akan kembali lagi kepada yang Maha Kuasa. Kita sebagai umat akhir zaman sudah sepatutnya bersyukur karena diberi satu bulan yang didalamnya terdapat banyak keistimewaan. Bagaimana tidak, ibadah sunnah diberi pahala ibadah wajib dan ibadah wajib dilipat gandakan pahalanya.

Perpisahan Selalu Menimbulkan Duka

Terlebih dalam bulan suci romadlon terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Itulah yang disebut Lailatul Qodar. 1000 bulan kalau dihitung menjadi tahun sama dengan 83 th lebih 4 bulan. Fansatastik, umur umat sekarang yang rata-rata 60-70 th itupun tidak mungkin digunakan untuk ibadah semua. Entah nilai ibadahnya lebih besar atau lebih kecil, atau mungkin seluruh hidupnya tidak ada yang untuk ibadah, kalau untuk ibadah semua mungkin tidak ya ? wallahu a'lam, hanya Allah yang tahu semua itu.

Jangan Lewatkan : Sebab diberikannya Lailatul Qodar untuk Nabi Muhammad SAW dan umatnya

Itu sebabnya kita yang diberi kesempatan bertemu dan bercengkrama dengan bulan suci Romadlon jangan sampai menyia-nyiakannya. Sebagai wujud syukur manfaatkan momen berharga tersebut dengan memperbanyak ibadah-ibadah sunnah, perbanyak baca Al Qur'an, Kahtamkan Al Qur'an, Membaca sholawat Nabi, istighfar dan dzikir-dzikir lainnya, perbanyak i'tikaf dan ibadah lainnya.


Bulan suci romadlon adalah kesempatan kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Do'a didalam bulan suci romadlon sangatlah maqbul (banyak dikabulkannya). Terlebih saat bulan suci romadlon kita yang berpuasa mendapat kesempatan seperti malaikat yang tidak makan dan minum sejak mulai terbit fajar shodiq (subuh) sampai tenggelmanya matahari (maghrib) dan menahan segala hal yang membatalkan puasa entah yang dhohir (yang membatalkan puasa seperti : makan, minum, memasukan sesuatu kedalam lubang yang masyhur (mulut, hidung, telinga, qubul dan dubur) dengan sengaja dll) maupun yang bathin (perbuatan yang menghilangkan pahala puasa seperti : berbohong, mengumpat, mencela, ghibah dll).


Sudah bulannya sendiri bagus buat berdo'a yang berpuasa do'anya banyak maqbulnya maka gunakanlah kesempatan tersebut untuk berdo'a yang baik-baik. Mendoakan orang tua dan keluarga kita, tetangga dan bangsa dan negara lebih utama, karena ketentraman jiwa yang kita dapat salah satunya dari keluarga, tetangga dan keamanan bangsa dan negara.


Jika umat islam diperlihatkan hakikatnya bulan suci romadlon, pastilah tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Haqqul Yaqin pasti meminta seluruh waktu adalah romadlon. Ramainya masjid dan mushola yang pasti dibulan suci romadlon, bulan-bulan biasa tidak mampu menyaingi daya tarik bulan suci romadlon, dimana bulan tersebut setan dibelenggu, daya tarik untuk meningkatkan ibadah dibuka selebar-lebarnya, makanya tidak heran jika banyak kaum muslimin yang lebih giat ibadah dibulan romadlon dibanding bulan lainnya.


Jika diamatai secara seksama, orang-orang yang sampai kepada bulan suci romadlon adalah orang-orang pilihan, karena menjelang bulan suci romadlon banyak orang yang terilimansi (meninggal dunia). Ini bisa dibuktikan 2 atau 3 bulan sebelum bulan suci romadlon pasti banyak orang meninggal entah sebab sakit atau lainnya. Kalau masih ragu silahkan amati sendiri 2-3 bulan menjelang bulan suci romadlon benar atau tidak banyak orang yang meninggal. Maka dari itu yang sampai kepada bulan suci romadlon harus lebih mensyukurinya dengan perbanyak amal kebajikan, laksanakan puasa sesuai syariat agama, jangan sia-siakan kesempatan yang Allah SWT beriakn kepada kita.


Anjuran untuk memperbanyak do'a

اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا في رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنا رَمَضَانَ

"Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban. Sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan"

Manfaatnya juga agar kita diberi kesempatan untuk bertemu dan bercengkrama kembali dengan bulan suci romadlon, ibarat Petani Romadlon adalah musim panen, ibarat pedadang romadlon adalah musim berlipat gandanya laba. Jadi jangan sia-siakan bulan yang sangat mulia tersebut.
Labels: Ngenyis

Thanks for reading Perpisahan Selalu Menimbulkan Duka. Please share...!

0 Comment for "Perpisahan Selalu Menimbulkan Duka"

Back To Top