Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

7 Waktu Doa Mustajab

Sobat BM Cerita - 7 Waktu Doa Mustajab, Doa merupakan senjata yang ampuh bagi kaum muslimin. Kekuatan Doa sudah tidak diragukan lagi, karena doa merupakan cara seorang hamba mengagungkan Tuhannya. Dengan berdoa seorang hamba mengagungkan Tuhannya, dengan berdoa seorang hamba mengakui kelemahan akan dirinya.

7 Waktu Doa Mustajab

Sebagaimana rumus matematika, formula dalam ilmu kimia, resep masakan yang sedap akan berfungsi sebagaimana mestinya jika tidak ada kesalahan didalamnya. Ibarat rumus matematika tidak salah dan tidak lupa, komposisi dari formula kimia tidak salah campur, resep masakan sesuai takaran pasti akan berfungsi dengan sempurna, begitu juga dengan do'a. Acap kali kebanyakan dari kita tidak sabar dalam berdo'a atau bahkan merasa do'a nya tidak didengar oleh Yang Kuasa. Jangan begitu Sahabat, jaga tata krama kita kepada Yang Maha Kuasa. Lihat dan teliti lagi apakah kita sudah memenuhi syarat diteriamnya berdo'a. Ibarat orang menelpon orang penting sudah tepatkah waktu kita menelpon, sudah benarkah nomor yang kita hubungi.

Berikut Kami sajikan 7 waktu doa mustajab :

1. Sepertiga Akhir Malam

Malam adalah waktu yang sunyi, waktu dimana hati dan pikiran mulai jernih kembali setelah aktifitas disiang hari. Sepertiga akhir malam merupakan puncak dari istimewanya waktu malam. Jika waktu malam  dimulai pukul 18.00 petang dan di akhiri jam 05.00 pagi artinya sepertiga akhir malam mulai pukul 02.00 dinihari sampai datang waktu fajar (Subuh). Manfaatkan sepertiga akhir malam untuk berdo'a, karena pada sepertiga akhir malam Nur Allah SWT turun kelangit dunia, artinya Allah sangat dekat sekali dengan kita (secara ma'nawi, bukan arti apa adanya). Namun usahakan berwudlu terlebih dahulu, shalat sunnah hajat at tahajud baru kemudian berdo'a agar lebih baik hasilnya.


2. Sebelum salam diakhir sholat

Namun do'a yang dimaksud cukuplah dalam hati agar tidak membatalan shalat, atau dengan do'a yang memang ada tuntunannya, yang memang ada dalam tasyahud (Tahiyat) akhir :


اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ عَذَابِ  النّار جَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ
رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ini doa yang sangat penting, karena memang sangat ngeri sekali 'adzab qubur, 'adzab neraka, fitnah  (ujian) hidup, fitnah kematian, fitnahnya Dajjal la'natullah. Makanya ada anjurannya.


3. Waktu antara adzan dan iqomah

Manfaatkan waktu diantara adzan dan iqomah untuk berdo'a, Jika ada anjuran untuk sholat sunnah qobliyah/sholat sunnah sebelum sholat fardlu atau dikenal dengan shalat sunnah rowatib (Qobliyah dhuhur, ashar, maghrib (ghoiru muakad), qobliyah isya) laksanakan dahulu sholat tersebut baru kemudian berdo'a sesuai kebutuhan.


4. Ketika sujud dalam sholat

Ketika sujud dalam sholat berdoa'alah dalam hati sesuatu yang penting saja, yang kaitannya dengan kemaslahatan hidup kita didunia sampai akhirat kelak.


5. Waktu terbangun ditengah malam

Ketika kita terbangun ditengah malam, manfaatkan kesempatan ini untuk mendoakan keluarga kita, agar mendapat keberkahan, dijauhkan dari segala hal yang tidak baik. Lebih baik lagi jika mengerjakan sholat malam terlebih dahulu.


6. Sewaktu hujan turun

Sewaktu hujan turun, turunlah para malaikat bersama tetes air hujan. Malaikat mengawal air hujan yang jatuh kebumi agar sampai dengan baik. Air hujan merupakan anugrah dari sang ilahi, saat turunnya air hujan kebumi bagus untuk berdo'a, karena rahmat Allah sedang turun bersama malaikatnya. Bisa jadi saat kita berdoa malaikat ikut mengamini yang jadi mudahnya terkabul doa kita.


7. Pada hari jum'at

Hari Jum'at yang menjadi sayidul ayyam (ketuanya hari) merupakan hari yang paling istimewa. Didalamnya ada perkumpulan umat islam yang melaksanakan shalat jum'at. Pada hari yang istimewa ini dianjurkan memperbanyak istighfar, sholawat dan shodaqoh, perbanyak do'a karena berdo'a dihari jum'at banyak diterimanya asalkan tidak ada hal yang menghalanginya. Adapun waktu mustajab berdoa pada hari jum'at masih dirahasiakan. Ini dimaksudkan agar sepanjang hari seorang hamba selalu ingat Tuhannya, selalu berdo'a. Namun  yang masyhur yaitu ketika khotib duduk diantara dua khutbah, manfaatkanlah untuk berdo'a saat khotib duduk diantara dua khutbah.

Jangan Lewatkan : Keutamaan Hari Jum’at

Itulah 7 Waktu Doa Mustajab yang bisa kami sajikan, semoga ulasan yang sedikit tersebut dapat memberikan manfaat yang besar. Amin.

Labels: Doa

Thanks for reading 7 Waktu Doa Mustajab. Please share...!

0 Comment for "7 Waktu Doa Mustajab"

Back To Top