Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Darimana Sumber 4 Sungai Disurga ?

Sobat BM Cerita - Darimana Sumber 4 Sungai Disurga ?, surga mempunyai 4 sungai yang isinya berbeda-beda : Air yang sangat jernih, Susu yang tidak akan basi (tidak berubah rasanya, bahkan stiap tegukan semakin enak), Khomr (arak) yang sangat nikmat bagi peminumnya dan Madu yang terjaga kemurniannya.

Darimana Sumber 4 Sungai Disurga ?

Namun darimanakah 4 sumber sungai yang ada dalam surga tersebut ? apakah sama seperti sungai-sungai didunia ini yang berasal dari pegunungan ? atau mungkin keluar begitu saja tanpa alasan atau ada pabriknya ? penasaran ? atau sudah tahu sahabat. Mari kita simak bersama darimanakah sumber 4 sungai surga tersebut.


Nabi Agung Muhammad SAW bercerita pada malam isro mi'roj beliau diberi kesempatan mengunjungi semua tingkatan surga, disana Nabi SAW melihat ada 4 sungai seperti yang termaktub dalam al qur'an surat Muhammad ayat 15 :


مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۖ فِيهَا أَنْهَارٌ مِنْ مَاءٍ غَيْرِ آسِنٍ وَأَنْهَارٌ مِنْ لَبَنٍ لَمْ يَتَغَيَّرْ  طَعْمُهُ وَأَنْهَارٌ مِنْ خَمْرٍ لَذَّةٍ لِلشَّارِبِينَ وَأَنْهَارٌ مِنْ عَسَلٍ مُصَفًّى

"(Apakah) perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring ....."


Nabi SAW penasaran dan bertanya pada malaikat Jibril AS darimanakah sungai-sungai itu berasal dan dimana bermuara ? Malaikat Jibril AS hanya mengetahui kemana sungai-sungai itu bermuara, yaitu ditelaga kautsar. Namun sama sekali belum mengetahui darimana asal sungai-sungai tersebut. Kemudian Malaikat Jibril AS berdo'a agar Nabi SAW dapat mengetahui darimana sumber sungai-sungai tersebut, tak lama kemudian datanglah malaikat mengucapkan salam kepada Nabi SAW seraya berkata "Ya Rasulullah pejamkanlah matamu" Nabi SAW memejamkan matanya, berkata lagi malaikat "Ya Rasulullah buka kembali matamu" tiba-tiba Nabi SAW berada dibawah pohon tak jauh dari pohon terlihat kubah yang sangat indah dari mutiara yang putih dan terdapat pintu yang terbuat dari mutiara yang hijau dan kunci dari emas merah.


Jikalau manusia dan jin yang ada dibumi semuanya diletakan diatas kubah tersebut niscaya bagaikan burung-burung yang sedang bertengger diatas gunung atau bagaikan kemiri yang dibuang kedalam lautan. Ini menunjukan betapa besarnya kubah yang Rasulullah lihat didalam surga. Dan Rasulullah melihat 4 sungai tadi bersumber dari bawah kubah tersebut. Tatkala Rasulullah ingin kembali karena merasa sudah tahu darimana sumber 4 sungai tersebut. 

Malaikat bertanya : Apakah engkau tidak ingin masuk kedalam kubah Ya Rasulullah ?
Rasulullah : Bagaimana cara kita masuk, sedangkan terdapat gembok dipintunya, dan bagaimana cara kita membuka gemboknya ?
Malaikat : Bukalah
Rasulullah :Bagaimana cara membukanya sedangkan Aku tidak punya kuncinya ?
Malaikat : Kuncinya ada ditanganmu Ya Rasulullah
Rasulullah : Dimana kuncinya ?
Malaikat : Kuncinya adalah بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ 

Ketika Rasulullah mendekati gembok dan membaca Basmalah terbukalah gembok tersebut. Rasulullah masuk kedalam kubah dan melihat sumber 4 sungai yang membuat Rasulullah penasaran. Ternyata 4 sungai tersebut bersumber dari tiang-tiang yang ada dalam kubah. Tatkala Rasulullah SAW hendak keluar dari kubah ditanya oleh malaikat

Malaikat : Apakah engkau sudah mengetahui darimana sumber 4 sungai tersebut ?
Rasulullah : Ya, Aku sudah mengetahuinya. 

Ternyata bersumber dari tiang-tiang kubah dan diatas tiang tersebut tertulis 
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Sungai yang mengalirkan air bersih bersumber dari Mim nya lafadz بِسْمِ
Sungai yang mengalirkan Susu bersumber dari Ha nya lafadz  اللهِ
Sungai yang Mengalirkan Khomr bersumber dari Mim nya lafadz الرَّحْمٰنِ
Sungai yang mengalirkan madu bersumber dari Mim nya lafadz الرَّحِيْمِ

Akhirnya Rasulullah SAW mengetahui betul bahwa 4 sungai tersebut berasal dari basmalah. Allah SWT kemudian bersabda yang artinya "Wahai Rasulullah barangsiapa dari umatmu membaca basmalah dengan hati yang bersih niscaya Aku (Allah) akan memberi minum kepadanya dari 4 sungai tersebut".


Ternyata, basmalah yang sangat enteng diucapkan memiliki khasiat yang sangat besar. mari kita semakin memantapkan diri untuk selalu mengawali perbuatan baik kita sehari-hari dengan membaca basmalah. Semoga Kita termasuk orang-orang yang kelak diberi anugrah oleh Allah SWT untuk merasakan nikmatnya 4 sungai yang ada dalam surga, amin amin amin.

Baca Juga : Batu Saja Masuk Surga
Labels: inspirasi

Thanks for reading Darimana Sumber 4 Sungai Disurga ?. Please share...!

0 Comment for "Darimana Sumber 4 Sungai Disurga ?"

Back To Top