Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Jangan Memberi Jika Menyakiti

Sobat BM Cerita - Jangan memberi jika menyakiti, Sudah lazim jika memberi itu membuat orang yang diberi akan senang jika cara memberinya tepat, memberi orang yang tepat, tanpa ada embel-embel didalamnya. Namun jika memberi diiringi dengan hal yang menyakiti hati pastinya akan berbeda, tidak membuat si penerima senang namun sebaliknya.

Jangan Memberi Jika Menyakiti

Ucapan yang baik dan pemberian maaf  lebih baik daripada memberi namun diiringi kata-kata atau perbuatan yang menyakitkan. Misalnya si Klopo memberi baju si Bluluk namun dengan cara yang tidak sopan, dilempar atau sambil bilang "Hey Blulok, ini baju buat kamu. Jika tidak kuberi baju tidurmu merem". Sekalipun niatnya bergurau pasti si penerima akan merasa tersinggung.


Kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa, hanya memberi tak harap kembali bagai sang surya menyinari dunia. Benar sekali kata-kata dalam lagu tersebut, pemberian yang paling iklhas memang pemberian dari orang tua. Belum ada ceritanya orang tua meminta kepada si anak  untuk mengembalikan apapun yang orang tua beri. Namun belakangan ada anak yang menuntut orang tua kandung sampai kepengadilan untuk membayar hutang sama anaknya. Itu anak manusia atau anak set*n ya. Semoga anak cucu kita tidak ada yang seperti demikian.


Ada benarnya nasehat orang-orang dulu, memberi itu terangkan hati, seperti matahari yang menyinari bumi. Potongan lirik lagu Bang Iwan Fals yang judulnya Keinginan adalah sumber penderitaan memang ada benarnya. Memberi merupakan hal baik yang bisa membuat hati jadi terang dengan syarat ikhlas, Jangan Memberi Jika Menyakiti.


Memberi namun jika diiringi dengan menyakiti tidak akan memberikan faedah apa-apa bagi pelakunya, baik didunia maupun diakhirat. Bahkan digambarkan layaknya segenggam tanah yang diletakan diatas batu yang licin terkena air hujan, hilang semua tanahnya bersih batunya. Sangat merugi jika hal ini dilakukan.


Agar tidak merugikan diri sendiri, Kita sudah kehilangan sesuatu karena diberikan kepada orang lain,  disisi lain kita tidak mendapat faedah apa-apa malah bisa jadi sipenerima jadi benci sama kita. Ditata dahulu niatnya, hati dan pikiran dibersihkan dari hal-hal yang menyebabkan kerugian tersebut. Diniatkan memberi sesuatu hanya karena mengharap keridloan Allah SWT semata bukan karena hal lain.

Mulai sekarang mari kita jaga hati dan pikiran dari hal-hal buruk, jaga lisan agar tidak terjerumus keperkataan kotor yang dapat menyakiti hati orang lain. Semoga saja apa yang kita upayakan akan dapat memberi manfaat untuk kita dan orang-orang terdekat kita.

Baca Juga : Gerak Membawa Berkah
Labels: Ngenyis

Thanks for reading Jangan Memberi Jika Menyakiti. Please share...!

0 Comment for "Jangan Memberi Jika Menyakiti"

Back To Top