Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Hidup Indah Bila Mencari Berkah

Sobat BM Cerita - Hidup Indah Bila Mencari Berkah, Sebuah lirik lagu yang sudah tidak asing di telinga kita warga Indonesia. Tapi memang benar begitu adanya, siapa saja akan merasakan nikmatnya hidup manakala Ia dengan ikhlas mencari keberkahan. Bagaimana tidak, keberkahan adalah sebuah anugerah dari yang maha kuasa. Dengan keberkahan manusia akan selalu merasa cukup dengan apa yang Ia dapat.

Hidup Indah Bila Mencari Berkah

Walaupun kebanyakan orang memburu sesuatu yang banyak, namun faktanya banyak belum tentu cukup karena manusia pada umumnya tidak pernah puas dengan apa yang Ia dapat. Jika yang dicari keberkahan berapapun yang didapat pasti akan terasa cukup karena rasa syukur yang akan selalu dirasa oleh pelakunya.


Berkah, apa si definisi berkah itu ? Berkah yaitu pemberian berupa makanan matang atau bahan makanan mentah (beras, mie instan, telur, gula, teh dll) yang dikemas dengan plastik kresek dari seseorang yang punya hajat kepada tamu undangan dalam acara Tahlil, walimah atau hajatan lainnya. Eh itu berkat ya sahabat Ha Ha Ha.

Barangkali Suka : Gerak Membawa Berkah

Yang kenal berkat yang jelas kaum Nahdliyin, karena memang memberi berkat merupakan kebiasaan bagi kaum Nahdliyyin. Saking akrabnya kaum Nahdliyyin dengan berkat, dapat manfaat besar yaitu keselamatan iman akidahnya. Ini yang namanya sekali dayung satu dua pulau terlampaui. Dapat berkat plus dapat berkah dari ilahi. Suatu ketika ada niatan buruk dari Kristen Australia, niatan kristenisasi didaerah gunung kidul jogjakarta. Ada dua golongan umat islam dari dua ormas islam besar di Indonesia yang hidup disana. Mula-mula mereka diberi santunan dengan diberi sembako dengan cuma-cuma. Hal ini berlangsung lama, hingga akhirnya niatan kristenisasipun disampaikan. Dari dua golongan tersebut di iming-imingi dengan sesuatu yang lebih hebat daripada sekedar diberi sembako asalkan mau masuk kristen. Alhasil dari dua golongan tadi yang selamat iman islam nya adalah kaum Nahdliyyin, kenapa demikian ? itu dikarenakan kaum Nahdliyyin sudah terbiasa mendapat berkat kala ada acara-acara hajatan ala nu. Nikmat Tuhan Mana Yang Engkau Dustakan ?


Kembali ke definisi Berkah, yaitu ٍزِيَادَةُ خَيْر (Ziyadatu Khoirin) bertambahnya kebaikan bagi pelakunya, orang yang mendapat berkah artinya orang yang bertambah kebaikannya setelah melakukan sesuatu, kebaikan tersebut datangnya dari Allah SWT, Allah lah yang menjadikannya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jadi bisa diamati apakah seseorang mendapatkan berkah atau tidak, yaitu dengan melihat kelakuan orang tersebut setelah melakukan sesuatu atau setelah berubah status sosialnya. Misalnya setelah seseorang sukses kehidupannya semakin membaik, baik dari segi ekonomi, sosial, ubudiyah (hubungan hamba terhadap Tuhannya) semakin mendekat kepada Allah. Akhlaknya semakin baik, semakin bertambah kasih sayangnya terhadap sesama. Baik sesama manusia maupun sesama makhluk Tuhan (binatang, tumbuhan, alam dll).


Bagaimana Sahabat ? enak kan jika mencari keberkahan ? mulailah dari sekarang hidup hanya mencari keridloan dan keberkahan Allah semata. Ikhlaskan segala kebaikan kita terhadap sesama semata-mata mencari keberkahan dalam hidup.
Labels: Ngenyis

Thanks for reading Hidup Indah Bila Mencari Berkah. Please share...!

0 Comment for "Hidup Indah Bila Mencari Berkah"

Back To Top