Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Do'a Masuk dan Keluar Toilet/Kamar Mandi

BM Cerita - Toilet, WC, Jamban merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Manusia tidak bisa terlepas dari tempat tersebut. Padahal tempat-tempat tersebut merupakan markas bagi syaithon yang terkututk, maka dari itu alngkah kita selalu brdoa jika hendak masuk kedalam tempat tersebut. pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang  Do'a Masuk Kamar Mandi/Toilet.
Do'a Masuk dan Keluar Toilet/Kamar Mandi
Sebagai Muslim kita sudah diberi banyak sekali contoh teladan oleh Baginda Nabi Agung Muhammad SAW, mulai dari bangun tidur hingga akan tidur kembali semua ada tuntunannya. Bahkan akhir-akhir ini juga banyak yang bisa dibuktikan secara ilmiah apa yang telah diajarkan oleh Rosulullah, contohnya masuk toilet pakai kaki kiri dulu. Menurut Maulana Habib Luthfi, mendahulukan kaki kiri ketika hendak masuk kamar mandi ataupun toilet terdapat manfaat yang besar. “Ketika masuk dengan kaki kiri, dapat menutup hawa tidak baik dari kamar mandi. Demikian pula ketika keluar dengan kaki kanan. Semua ini dapat menjauhkan kita dari penyakit stroke,” 


Disamping Do'a nya adab hendak masuk dan keluar toilet/kamar mandi juga perlu diperhatikan, karena sangat berkaitan erat dengan kesehatan seperti yang telah dihaturkan oleh beliau Maulana Habib Luthfi dari Pekalongan masuk kaki kiri dulu dan keluar kaki kanan dulu serta jangan ngobrol ataupun membaca ayat Allah dalam toilet/kamar mandi

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَللَّهُمَّ اِنِّي اَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَا ئِثِ


Artinya :
Dengan Menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang
Ya Allah Aku berlindung kepadaMu dari godaan setan jantan dan godaan setan betina

Jangan lupa, do'a tersebut dibaca ketika diluar sebelum masuk kedalam kamat mandi/toilet, agar kita tidak melanggar etika masuk kamar mandi/toilet.

Do'a Keluar Kamar Mandi/Toilet

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الّذِي اَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي وَاَبْقَى مَا يَنْفَعُنِي


Artinya :
Dengan memohon ampunanMu segala puji bagi Allah SWT yang telah menghilangkan kotoran yang telah menyakitiku dan yang telah menyehatkan kembali dan menetapkan kekuatan (dari saripati makanan dan minuman) yang bermanfaat untukku 


Do'a Setelah selesai istinjak (cebok)
Dibaca Setelah keluar dari kamar mandi/toilet


اَللّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِي مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِي مِنَ الْفَوَاحِشِ


Artinya :
Ya Allah bersihkanlah hatiku ini dari kemunafikan dan jagalah kemaluanku ini dari hal-hal yang buruk (yang engkau larang)


Begitu indahnya agama islam, sampai-sampai hal yang paling kecil hingga yang paling besarpun ada tuntunannya. Bersyukurlah bagi kita yang dilahirkan dalam kalangan umat islam dan diberi keimanan sehingga kita hingga saat ini masih mendapatkan cahaya keimanan.


berilah contoh yang baik untuk sesama muslim maupun untuk non muslim, sehingga lantaran keteladanan yang kita lakukan sehari-hari mampu menarik minat non muslim untuk mengikuti agama kita islam yang rohmatan lil 'alamin.


Apabila ada yang salah diingatkan dengan cara yang baik, itulah islam yang Nabi Agung Muhammad SAW tuntunkan untuk kita umat akhir zaman. Dewasa ini banyak golongan yang suka menyalahkan orang lain bahkan sampai mengkafir-kafirkan saudaranya yang islam. Padahal yang dicontohkan oleh Rosulullah ialah mengajak kebaikan, mengajak dengan cara yang baik. Mengajak dengan hikmah dan perkataan yang baik.


Semoga apa yang telah diuraikan di atas bermanfaat bagi kita semua

Baca Juga : Do'a
Labels: Doa

Thanks for reading Do'a Masuk dan Keluar Toilet/Kamar Mandi. Please share...!

0 Comment for "Do'a Masuk dan Keluar Toilet/Kamar Mandi"

Back To Top