Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Tabah Membawa Berkah

Sobat BM Cerita - Sebagaimana Kita ketahui bersama bahwa sifat tabah merupakan sifat yang disukai oleh Allah SWT. Oleh karena itu pastilah ketabahan akan membawa berkah bagi pelakunya. Tabah, sabar, tawakal atas apa yang Allah ujikan kepada kita merupakan sebuah amalan yang sangat luhur tidak ternilai harganya.


Tabah Membawa Berkah
Berkaitan dengan Tabah Membawa berkah ada sebuah kisah klasik yang semoga saja akan membuat kita lebih tabah menjalani kehidupan sadar bahwa kehidupan didunia ini adalah ujian dan yang lulus uji akan mendapatkan hadiah yang tak ternilai harganya.


Bertepatan dengan musim haji Syekh Abu Hasan As Shiroj melaksankan ibadah haji ditanah harom, ketika Beliau thowaf tiba-tiba berpapasan dengan seorang wanita yang sangat cantik wajahnya bersinar bahkan seumur hidupnya belum pernah melihat wanita secantik itu ujarnya. Wanita tersebut mendengar apa yang dikatakan oleh Syekh Abu Hasan kemudian bertanya "Kenapa Engkau mengatakan yang demikain wahai saudara lelaki ? Demi Allah Aku sedang kesusahan, sangat bersedih hati semua keluargaku telah habis, Aku hidup sebatang kara".


Syekh Abu Hasan bertanya "bagaiman itu bisa terjadi, apa yang membuatmu sedih seperti itu ?"
Wanita menjawab "Suamiku menyembelih kambing dipagi hari, kami mempunyai 2 anak laki-laki yang sedang bermain dan melihat apa yang Ayahnya perbuat, tiba-tiba anak yang besar berkata kepada yang kecil "Dik, apakah kamu melihat apa yang Ayah tadi lakukan ?" Adik "iya Kak" kakak "ayo Dik main sembelih-sembelihan, Adik jadi kambingnya" seketika kakaknya menyembelih Adiknya. Lalu si kakak pergi kegunung karena saking takutnya dengan apa yang diperbuat. Dan di gunung si kakak dimakan serigala.


Ayahnya mencari anak yang besar kegunung saking laparnya akhirnya Ayah menemui ajalnya. Saya masih mempunyai anak yang masih bayi karena takut terjadi apa-apa dengan suami anak saya turunkan dari gendongan dan melihat keluar ketika saya masuk anak yang bayi masuk kedalam wajan panas yang hendak digunakan untuk menggoreng akhirnya meninggal dengan kondisi yang mengenaskan.


Anak perempuanku datang kerumah tiba-tiba jatuh dan meninggal juga, habis semua anggota keluargaku, selama setahun ini Aku hidup sebatang kara. Syekh Abu Hasan bertanya "Bagaimana engkau bersabar menghadapi ujian yang besar macam ini ?" Wanita menjawab "setiap orang yang diuji pasti akan menemui dua hal yaitu sabar dan/atau mengeluh, tidak menerima kenyataan.


Sabar pasti akan menemui hal yang indah baik didunia maupun diakhirat kelak adapun keluh kesah tidak akan mendapatkan apa-apa.


Itulah kisah yang sangat tragis namun sangat banyak pelajaran yang dapat diambil diantaranya sabar dalam menghadapi ujian hidup, jangan memperlihatkan perilaku yang berdampak bahaya kepada anak anak karena fase anak anak mudah sekali menirukan apa yang dilihatnya.


Semoga bermanfaat


Labels: Renungan

Thanks for reading Tabah Membawa Berkah. Please share...!

0 Comment for "Tabah Membawa Berkah"

Back To Top