Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Kebiasaan Ngeteh Bagi Orang Jawa

BM Cerita - Teh yang dalam Bahasa Arab "Shay (شاي)" dan dalam bahasa china "Chá () sudah tidak asing bagi seluruh umat didunia. Ngeteh Bagi Orang Jawa merupakan hal yang unik dan menarik untuk dilestarikan bagi generasi jawa yang akan datang. Ngeteh atau dalam istilah jawa yang lebih dikenal dengan medang merupakan kebiasaan baik yang mana mampu memngukuhkan hubungan kekeluargaan, kekerabatan dan kesetiakawanan.


Kebiasaan Ngeteh Bagi Orang Jawa
Tidak hanya ditanah jawa, ditiongkok, jepang dan belahan dunia lain banyak yang menjalankan kebiasaan ngeteh bersama. Bahkan saking maraknya kebiasaan ngeteh tersebut sekarang banyak sekali dijumpai produk teh yang bisa dinikmati kapanpun dimanapun. Seperti teh botol teh gelas hingga teh celup, namun untuk teh celup butuh proses lebih lama untuk dinikmati daripada dua produk lain diatas. Kita masih perlu air panas dan gula untuk bisa menikmati teh celup tersebut.

Suasana keakraban akan semakin terasa ketika seluruh anggota keluarga dapat menikmati hangatnya teh bersama, namun kebiasaan ini sudah jarang ditemukan kecuali dikalangan keluarga tertentu, hal ini sangat disayangkan mengingat dampak positif dari medang bareng yaitu suasana keakraban keluarga.


Tapi bagi kita umat islam ada satu bulan yang sangat istimewa yang mampu mengakrabkan seluruh keluarga, yaitu bulan suci romadlon yang lebih populer dengan sebutan bulan puasa. Rata-rata kaum muslimin bisa makan dan ngeteh bersama ketika sahur dan buka puasa. 


Kelebihan dari ngeteh bersama adalah mengakrabkan kita dengan sesama, sebagai contoh ketika kita berada diwarung makan kita akan bertemu berbagai golongan disana. Walaupun beda asal usul dan keturunan namun akan merasa akrab saat menyeruput teh hangat made in warung tersebut. Ini mebuktikan eksistensi wedang yang kokoh dan berdiri tegap dari dulu hingga sekarang bahkan nanti. 


Medang paling enak ditemani po'ong goreng yang lebih akrab disapa roti sumbu, roti sumbu ini memiliki rasa yang khas, plen dan lezat rasanya. Orang jawa pada dasarnya sangatlah sederhana, terbukti dari cemilan yang biasa dikonsumsi yang kebanyakan terbuat dari jenis umbi beneran seperti telo dan po'ong. Jenis cemilan yang dihasilkan dari bahan umbi beneran tersebut juga sangat beragam ada empok - empok semacam roti berisi keju didalamnya namun isi yang digunakan adalah gula jawa. Orang jawa wajib bangga dengan gula yang satu ini karena hanya jawa yang punya tidak pernah terdengar sebutan gulo londo yang ada paling pipo londo. Selain empok-empok ada juga opak po'ong yang populer dengan lagunya "Lek opake po'ong Lek s*l*te mlembung" ada lagi cimpring dan banyak lagi lainnya.


Itulah beberapa ulasan tentang kebiasaan ditanah jawa versi Apak Wadol, apabila ada saran kritik atau apapun itu jangan segan - segan ditulis dikolom komentar dibawah, demi kemajuan Apak Wadol. 


Labels: Ngenyis

Thanks for reading Kebiasaan Ngeteh Bagi Orang Jawa. Please share...!

0 Comment for "Kebiasaan Ngeteh Bagi Orang Jawa"

Back To Top