Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Tekad Kuat Naik Haji, Memudahkan Jalan Menuju Baitullah

Sobat BM Cerita - Tekad Kuat Naik Haji, Memudahkan Jalan Menuju Baitullah. rukun islam ke 5 menunaikan haji bagi yang mampu. Rukun islam yang ke 5 ini memang bukan hal yang mudah, namun memang sudah ada jatah nya masing-masing yang jadi rahasia Allah SWT. Mampu disini bukan berarti memang orang kaya saja yang bisa melaksanakannya , namun ada-ada saja jalannya kalau memang ada jatah jadi tamu Allah.




Tidak bisa dipungkiri memang semua umat islam mempunyai cita-cita untuk berangkat haji, namun apa daya bagi yang ekonominya pas-pasan jangankan mimpi naik haji untuk sekedar makan saja kadang sudah susah. Akan tetapi ibadah haji memang hal yang istimewa, belum tentu yang kaya secara kasat mata yang pasti berangkat, terkadang yang kelihatannya tidak mungkin justru dipanggil oleh Allah SWT sebagai tamunya yang dimuliakan.

Berikut beberapa Saudara Kita yang berangkat haji bukan dari golongan kaya sebagaimana lazimnya

1. Pemulung Berangkat Haji

Pemulung, secara nalar tidak mungkin bisa naik haji terkadang untuk makan saja sudah sulit, apalagi berpikir untuk naik haji, namun nyatanya ada. Ada sepasang suami istri yang pekerjaan sehari-harinya sebagai Pemulung mempunyai tekad untuk naik haji. Padahal rumah saja tidak punya, mereka tinggal dibawah jembatan. Tahun demi tahun menyisakan hasil dari memulung untuk ditabung dan akhirnya cukup sudah untuk berangkat. Berangkatlah pasangan pemulung tadi naik haji dan dimakkah bertemu dengan teman yang baik, mereka jadi akrab. Setelah kembali ketanah air teman baik yang tadi bertemu dimakkah bermaksud ingin main ke tempat pemulung. Setelah sampai di alamat yang diberikan bertanya kesana kemari namun semua orang yang ditemui tidak kenal dengan orang yang dicari. Akhirnya ada seseorang yang mengenal orang yang dicari tadi dan diberitahu bahwa mereka sepasang pemulung dan tinggal dibawah jembatan. Betapa kagetnya teman haji tersebut. Setelah bertemu dengan pasangan pemulung akhirnya teman tersebut merasa iba dan kemudian dibangunkan sebuah rumah untuk pasangan pemulung tersebut. Mulailah dengan niat yang baik sahabat, semoga cita-cita kita dalam berhaji dapat terlaksana.


2. Haji sebab dapat uang dijalan

Pernah suatu kali ketika kami datang bertamu kepada salah seorang guru yang kala itu hendak melaksanakan rukun islam ke 5 Beliau bercerita, bahwa sesungguhnya haji itu merupakan pilihan dari Allah SWT. Tidak harus kaya dulu baru bisa naik haji, namun memang sudah rezekinya orang yang beruntung. Suatu ketika ada seorang biasa (Kita ebut Bejo) yang tidak kaya berjalan dipinggir jalan raya. Ia terus berjalan tanpa tau mau kemana, tanpa sengaja kakinya menyentuh plastik kresek yang cukup besar, karena rasa penasaran dibukanya plastik kresek tersebut dan duar kaget bukan main. Ternyata isinya adalah uang kertas sangat banyak, mungkin ratusan juta.


Walaupun si orang biasa tadi hidup pas-pasan namun tidak tergiur dengan uang tersebut, karena Ia tahu uang itu bukan miliknya. Kemudian mulailah Kang Bejo menyebarkan info tentang uang tersebut, namun sesuai dengan aturan Fiqih. Kang bejo cuma menjelaskan ciri-ciri benda yang ditemukan, tidak secara detail. Kalau secara detail disebarkan sudah barang tentu banyak yang mengaku itu miliknya.

Bulan demi bulan terlewati, tahun demi tahun sudah berlalu. karena belum juga ada yang datang mengakui benda itu milik siapa, akhirnya Kang Bejo sowan kepada salah seorang kiyai untuk bertanya hal ikhwal yang Kang Bejo alami. Menurut Pak Kiyai secara hukum uang tersebut sudah menjadi hak Kang Bejo, karena Kang Bejo sudah melakukan hal yang benar sesuai syariat. Saran dari Pak Kiyai agar uang tersebut digunakan untuk naik Haji dan Kang Bejo pun mengiyakannya.

Itulah Rizki dari Allah, jika sudah mau datang takkan ada yang bisa menghalangi. Jadi jangan sampai putus asa akan apa yang sedang menimpa kita saat ini. Kita tidak tahu apa yang akan kita temui didepan kita nanti. Keep Husnudlon kepada Allah SWT.


3. Tekad Haji Jalan Kaki

Masih ingat dengan Mochammad Khamim Setiawan, Pemuda asal Desa Rowokembu Kec. Wonopringgo Kab. Pekalongan yang berangkat naik haji dengan cara berjalan kaki pada 28 Agustus 2016. Karena tekad yang kuat dan Niat yang kukuh akhirnya pada September 2017 Khamim sampai Di Makkah. Bagaimana Sahabat ? keren bukan niat Kang Khamim tersebut. Barangkali Sahabat mau coba.


4. Berkah Al Qur'an naik Haji

Suatu ketika saat ngaji Ba'da subuh kami diceritakan oleh KH. Faizin Munawir Pekalongan, Beliau bercerita bahwa ada sebuah daerah di Madura yang sangat istimewa. Barangsiapa mampu mengkhatamkan AlQur'an 40x ditempat tersebut insya Allah akan naik haji. Dan itu sudah dibuktikan oleh salah seorang murid Ayahnya KH. Faizin Munawir Pekalongan. Selang beberapa tahun setelah sang murid mengkhatamkan Alqur'an 40x disuatu daerah di Madura. Bagaimana Sahabat ? ingin coba ? monggo datang ke madura.


5. Tukang Bubur Naik Haji

Kalau yang ini si Sinetron, namun bukan sinetronnya yang akan kita bahas. Lebih jauh bagaimana perjalanan H. Sulam sampai bisa naik Haji. 

- H. Sulam kala diminta oleh Emak untuk bisa naik Haji tidak menolak, Namun selalu dijawab dengan santai dan yakin "Insya Allah Mak" dengan jawaban tersebut do'a emak semakin kuat dan jadi barokah.
- Ketika Mang Ojo menulis nama "H. Sulam" digerobaknya, H. Sulam yang kala itu belum naik haji tidak serta merta marah, namun sebaliknya H. Sulam malah menanggapi itu dengan santai dan berkata "mungkin ini cara Mang ojo mendoakan saya", padahal ada H. Mukhidin yang selalu dengki dan benci dengan Haji sulam yang bercita-cita naik haji padahal Dia hanya penjual bubur ayam keliling.
- H. Sulam dengan sabar menabung sedikit demi sedikit, demi melaksanakan cita-cita emak yang ingin sekali naik haji, dan ternyata berkah. H. Sulam dapat hadiah mobil bernila ratusan juta yang kemudian dibeli oleh orang yang baik hati dan akhirnya bukan cuma cita-cita emak untuk naik haji terlaksana namun H. Sulam dan istri serta Mang Ojo pun diajak naik Haji.

Bagaimana sahabat, keren bukan niat dan tekad beliau-beliau yang igin melaksanakan Haji namun dengan ekonomi yang secara kasat mata jauh dari kata mungkin, tapi nyatanya itu terjadi. Ingat Jika Allah akan menurunkan Rizki kepada siapa tidak ada yang bisa menghalangi.

Labels: Fakta Unik, inspirasi

Thanks for reading Tekad Kuat Naik Haji, Memudahkan Jalan Menuju Baitullah. Please share...!

0 Comment for "Tekad Kuat Naik Haji, Memudahkan Jalan Menuju Baitullah"

Back To Top