Bercerita sambil berbagi pengetahuan, Pengalaman dan hal manfaat lainnya

Fakta Unik Pohon Pisang “GEDEBOK”

BM Cerita - Salah satu pohon yang dapat dijadikan sebagai contoh kehidupan adalah pohon pisang atau dalam istilah jawa disebut Gedebog. Ada fakta yang sangat unik buat pohon yang satu ini, yang sangat bisa dijadikan sebagai pedoman hidup manusia. Apa itu ? yaitu pohon pisang lazimnya tidak akan mati sebelum berbuah. Hal ini bisa dijadikan pedoman hidup buat kita jangan mati dulu sebelum bisa menghasilkan sebuah kemanfaatan buat orang lain. Tapi mati itu kuasa ilahi namun kita sebagai manusia setidaknya berusaha agar mampu memanfaatkan waktu yang diberikan Allah kepada kita dengan sebaik baiknya, memcari ilmu mencari rizki yang giat agar apabila ada diantara kita yang membutuhkan bantuan kita bisa membantunya.

Pohon pisang yang lebih dikenal dengan sebutan GEDEBOK di tanah jawa merupakan pohon yang sangat mudah tumbuh dan subur terutama didaerah pegunungn. Banyak jenis pisang didunia ini, mulai dari pisang atau gedang klutuk yaitu gedang yang banyak bijinya namun rasanya sangat manis. Konon katanya sakitnya karena diguna guna lo kok jadi lagu dangdut ? He he he. Ini yang benar konon katanya gedang klutuk merupakan gedang milik seorang raja yang dulunya tidak berbiji. Namun pada suatu hari ketika sang raja hendak memanen gedang klutuknya selalu saja kedahuluan dimakan klelawar yang lebih dikenal dengan sebutan codot. Karena saking murkanya raja akhirnya raja mengutuk gedang klutuk menjadi banyak bijinya. Kebenaran kisah tersebut wallahu a’lam.

Fakta Unik Pohon Pisang

Ada juga pisang atau gedang gembor sebuah gedang yang paling enak dibuat kolak pisang, sampai kulit dalamnya pun masih enak dimakan. Ada lagi pisang atau gedang susu, sesuai namanya gedang susu ini manis dan enak rasanya. Gedang emas juga ada, gedang yang terkenal pantangan buat mereka yang memakai susuk. Walaupun kecil namun jenis gedang ini sangatlah lezat. Gedang sobo juga ada, sobo kalau dalam bahasa indonesia bermain bahasa yang lazim digunakan untuk binatang, kenapa dinamakan gedang sobo ? mungkin saja gedang ini banyak terdapat dikebun kebun.


Banyak sekali kemanfaatan dari pohon yang satu ini, buahnya yang enak dikenal seluruh dunia, daunnya juga sangat banyak manfaatnya buat bungkus nasi, bungkus jajan khas jawa sperti nogosari dll, buat pepes ikan, bahkan buat payung dikala hujan juga bisa, yang sangat terakhir buat tutup dilubang kubur sebelum tanah di masukan sebagai tutup akhir kuburan muslim.


Semoga apa yang diulas diatas dapat bermanfaat buat kita, sekalipun Cuma tulisan mbah mboh. 

Jangan lewatkan Gunung Sebagai Paku Bumi
Labels: Fakta Unik

Thanks for reading Fakta Unik Pohon Pisang “GEDEBOK”. Please share...!

0 Comment for "Fakta Unik Pohon Pisang “GEDEBOK”"

Back To Top